iklan

Wednesday 16 September 2015

ada yang malas baca aja nih supaya kalian termotivasi

v    Pengertian motivasi
1.                 Secara umum : motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu
2.                 Secara psikologis : motivasi adalah usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau sekelompok orang tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dari perbuatannya.
                                                                               
v    Pengetian belajar
Belajar adalah proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan atau belajar adalah proses dimana seseorang mencari tahu. Dari sebelumnya yang tidak tahu, menjadi tahu

v    Pengertian motivasi belajar
Motivasi belajar adalah suatu keadaan atau kondisi yang mendorong, merangsang atau menggerakkan seseorang untuk belajar sesuatu atau melakukan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan

v    Macam-macam motivasi
1.    Motivasi intrinsik
Motivasi intrinsik timbul dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan atau dorongan orang lain, tetapi atas dasar kemauan sendiri.
2.    Motivasi ekstrinsik
Motivas ini timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, karena adanya ajakan, suruhan, atau paksaan dari orang lain sehingga dengan keadaan demikian siswa mau melakukan sesuatu atau belajar.




v    Pengaruh motivasi terhadap perilaku & proses belajar siswa
1.     Motivasi mengarahkan perilaku seseorang untuk mencapai target.
2.     Motivasi meningkatkan uasaha dan energi yang dikeluarkan untuk mencapai target.

v Cara menumbuhkan motivasi belajar pada siswa
1.     menjelaskan tujuan belajar kepada siswa.
2.     Hadiah
3.     Saingan/kompetisi
4.     Pujian
5.     Hukuman
6.     Membangkitkan dorongan kepada siswa untuk belajar.
7.     Membentuk kebiasaan belajar yang baik.
8.     Membantu kesulitan belajar siswa secara individual maupun kelompok.
9.     Menggunakan metode yang bervariasi.
10.      Menggunakan media yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

v Tujuan diberikan motivasi kepada siswa
a)     Mendorong timbulnya tingkah laku atau perbuatan, tanpa motivasi tidak akan timbul suatu perbuatan. Misal, belajar.
b)    Mengarahkan perbuatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
c)     Menggerakkan tingkah laku seseorang. Besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu pekerjaan.


v  
v Kata-kata motivasi
v Banyak yang ingin pintar, tapi tidak banyak yang mau belajar.

v Tidak ada mata pelajaran yang sulit, kecuali kemalasan akan mempelajari mata pelajaran tersebut.

v Malas belajar hanya akan membuat suatu pelajaran semakin sulit dipelajari.

v Bodoh itu takdir, tapi bisa diubah. Tentunya dengan belajar.

v Contoh motivasi belajar

v -          Misalnya guru memberikan beberapa soal latihan (3-5 soal) kepada siswa. Soal – soal tersebut dikerjakan secara individu. Kemudian guru memberikan batas waktu (misal 10-15 menit). Soal-soal yang sudah dikerjakan di kumpulkan sesuai hitungan waktu yang diberikan oleh guru. Misalkan siapa yang bisa mengumpulkan 10 menit pertama dan 10 orang tercepat, dengan catatan jawaban soal itu benar semua, maka akan diberikan nilai A. Apabila siswa mengumpulkan pada menit ke 11-15, maka mendapatkan nilai B, itu apabila soal tersebut terjawab benar semua, tetapi apabila ada yang salah maka mendapat nilai B-, C+, C, atau C-. Dengan cara tersebut maka siswa akan termotivasi dan mereka akan berpacu untuk menjadi yang terbaik.

v -       Contoh motivasi yang lain, pertama guru menjelaskan tentang tujuan belajar. Misalkan belajar tentang statistika. Statistika ada di dalam kehidupan sehari-hari.  Maka guru memberikan motivasi, dengan  belajar statistika, maka siswa dapat mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data secara sistematis, menghitung rata-rata. Dengan menganalisis dan menafsirkan data-data statistik dapat digunakan untuk pengambilan keputusan, perencanaan, dan kesimpulan dengan tepat dari sifat-sifat data statistik tersebut. Jadi, siswa akan termotivasi belajar statistik, mereka akan berfikir, penting belajar statistik itu.


v -       Motivasi belajar juga dapat dituangkan dengan kompetisi, pemberian hadiah, pujian, dan hukuman. Misalkan saja dalam belajar, guru memberikan kuis kepada siswa, yang sebelumnya sudah dibentuk beberapa kelompok, dalam setiap kelompok terdiri dari 3 siswa, maka dalam pengerjaan kuis tersebut, secara tidak langsung mereka berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Di sini guru memberikan motivasi dengan memberikan hadiah dan pujian kepada siswa atau kelompok yang berprestasi, kemudian memberikan hukuman kepada siswa atau kelompok yang melakukan kesalahan seperti bernyanyi atau mencabut rumput di depan kelas. Hukuman tersebut diberikan dengan harapan agar siswa tersebut mau merubah diri dan memacu motivasi belajarnya.

No comments: