iklan

Wednesday 16 September 2015

PIK-R

Hubungan seks Remaja Pra nikah
1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan masalah yang ada, yaitu:
1. Apa itu hubungan seks pra nikah?
2. Apa saja bahaya berhubungan seks pra nikah?
3. Bagaimana cara yang dilakukan remaja untuk menghindari seks sebelum menikah?
4. Bagaimana menghindari kehamilan sebelum nikah?
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini yaitu agar para remaja ,mengetahui kerugian yang di akibatkan oleh hubungan seks pra nikah, sehingga remaja-remaja di negeri ini lebih bisa menghargai budaya ketimuran yang biasa disebut “Punya rasa malu.”
1.4 Manfaat
Ada beberapa manfaat dari penulisan makalah ini yaitu:
1. Mengetahui apa itu hubungan seks pra nikah.
2. Mengetahui akibat-akibat dari hubungan seks pra nikah.
3. Mengetahui cara menghindari hubungan seks pra nikah.
·         2.1 Pengertian Hubungan Seks Pra Nikah
Melihat fenomena remaja sekarang ,sepertinya melakukan seks pra nikah adalah sebuah kegiatan yang wajar,bahkan sangat biasa, awalnya mereka berpacaran (wadah antara dua insan yang kasmaran, dimana mereka sering cubit-cubitan, pandang-pandangan, pegang-pegangan,
Kemudian faktor lain yang menyebabkan terjadinya seks pranikah adalah,makin banyaknya media informasi yang menyediakan banyak hal tentang sex,seperti televisi ,internet,bahkan Hape. Maka dari itu, disinah letak orang tua harus menunjukan keberadaan dan tanggungjawabnya.

·         2.2 Apa Saja Bahaya Berhubungan Seks Pra Nikah?
Berikut beberapa bahaya utama akibat seks pranikah dan seks bebas :
Menciptakan kenangan buruk. Apabila seseorang terbukti telah melakukan seks pranikah atau seks bebas maka secara moral pelaku dihantui rasa bersalah yang berlarut-larut. Keluarga besar pelaku pun turut menanggung malu sehingga menjadi beban mental yang berat. Mengakibatkan kehamilan. Menggugurkan Kandungan (aborsi) dan pembunuhan bayi. Aborsimerupakan tindakan medis yang ilegal dan melanggar hukum. Aborsi mengakibatkan kemandulan bahkan Kanker Rahim. Menggugurkan kandungan dengan cara aborsi tidak aman, karena dapat mengakibatkan kematian. 
Penyebaran Penyakit. Penyakit kelamin akan menular melaluipasangan dan bahkan keturunannya. Penyebarannya melalui seks bebas dengan bergonta-ganti pasangan. Hubungan seks satu kali saja dapat menularkan penyakit bila dilakukan dengan orang yang tertular salah satu penyakit kelamin. Salah satu virus yang bisa ditularkan melalui hubungan seks adalah virus HIV.

·         Bahaya Kehamilan pada Remaja :
Hancurnya masa depan remaja tersebut.
Remaja wanita yang terlanjur hamil akan mengalami kesulitan selama kehamilan karena jiwa dan fisiknya belum siap. 
·         2.3 Bagaimana Cara Yang dilakukan Remaja Untuk Menghindari Seks Sebelum Menikah?
·                  Jagalah mata kalian dari pandangan yang menimbulkan rangsangan untuk melakukan seks pranikah dan seks bebas yang diharamkan agama.
·                  Pusatkan pikiran untuk mendalami ilmu pengetahuan demi mengejar cita-cita.
·                  Perkuat iman dengan mendengarkan ceramah agama, membaca buku-buku agama dll.
·                  Yakinlah bahwa Tuhan selalu mengawasi kita
·                  Jagalah pergaulan anda dengan bergaul dengan teman-teman yang baik
·                    Isilah waktu luang kalian dengan melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat
·                  Hindari bacaan dan tontonan yang berbau Pornografi karena itu akan merusak pikiran sehat kalian.
·                  Jangan berdua-duan dengan lawan jenis di tempat yang sepi.Ingatlah masa depan kalian masih panjang, masih ada cita-cita yang harus dikejar.
Yang terakhir ingatlah akan hari pembalasan, Surga dan Neraka.
·                     3.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat di ambil dari makalah ini adalah hindari hubungan seks pra nikah jika masa depanmu ingin cemerlang. Karena, hubungan seks pra nikah ini dapat menghancurkan masa depanmu serta memalukan keluargamu sendiri. Bahaya utama dari melakukan hubungan seks pra nikah ini yaitu menderita penyakit HIV/AIDS yang sampai saat ini belum ditemukan obat atau pencegahannya, banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghindari hubungan seks pra nikah.
3.2 Saran
Saran dari penulis yaitu:
1. Selalu Ingatlah Pada Bahaya Seks Pranikah dan Seks Bebas
akan merusak masa depanmu dan hari tuamu.
2. Lupakan Urusan Pacar, Utamakan Sekolah (LUPUS).




Definisi kenakalan remaja menurut para ahli
·         Kartono, ilmuwan sosiologi “Kenakalan Remaja atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah juvenile delinquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang”.
·         Santrock Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.”
Sejak kapan masalah kenakalan remaja mulai disoroti?
Masalah kenakalan mulai mendapat perhatian masyarakat secara khusus sejak terbentuknya peradilan untuk anak-anak nakal (juvenile court) pada 1899 di Illinois, Amerika Serikat.
·         Penyalahgunaan narkoba
·         Seks bebas
·         Tawuran antara pelajar
Perilaku ‘nakal’ remaja bisa disebabkan oleh faktor dari remaja itu sendiri (internal) maupun faktor dari luar (eksternal).
Faktor internal:
1.     Krisis identitas: Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. Pertama, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya. Kedua, tercapainya identitas peran. Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua.
2.     Kontrol diri yang lemah: Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku ‘nakal’. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.
Faktor eksternal:
1.     Keluarga dan Perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah di keluarga pun, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja.
2.     Teman sebaya yang kurang baik
3.     Komunitas/lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.
Hal-hal yang bisa dilakukan/ cara mengatasi kenakalan remaja:
1.     Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini.
2.     Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk melakukan point pertama.
3.     Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja.
4.     Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul.
5.     Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpe





1. Mengisi Waktu Kosong Dengan Kegiatan Positif ( Buat Anak Remaja )
Daripada kalian yang masih remaja ini membuang waktu kalian dengan malas - malasan atau keluyuran tidak jelas yang nantinya bisa terjerumus kedalam pergaulan bebas lebih baik gunakan waktu kalian dengan kegiatan positif seperti belajar, sembahyang, belajar ke agamaan atau membuat kegiatan sosial lainnya yang berguna seperti mengumpulkan bantuan untuk korban bencana alam atau dari hal yang sepele kamu bisa kumpulkan teman - teman kamu untuk diajak kerja bakti.
Yang jelas jangan buang waktu kalian dengan percuma dan jangan sampai masuk ke pergaulan bebas akibat sering keluyuran sana sini.

2. Cara Bergaul
Dengan bergaul atau punya banyak teman memang akan memberikan kemudahan bagi anda untuk menjalani hidup, tapi jangan sampai kalian itu salah bergaul. Oleh karena itu sebelum anda memutuskan berteman dengan orang cari tahu dulu apakah orang yang akan menjadi teman anda itu akan membawa pengaruh atau dampak baik buat hidup anda kedepannya.
Jika menurut anda baik untuk hidup anda kedepannya, silakan berteman dengan orang tersebut.
Buat orang tua juga harus selalu memantau perkembangan anaknya terutama dalam hal pergaulan, seperti kata saya diatas jika sampai sedikit saja anak anda salah bergaul maka akibatnya akan patal.
Maka dari itu peran orang tua juga di perlukan untuk mencegah maraknya pergaulan bebas dikalangan remaja.

3. Orang Tua Lebih Akrab Dengan Anak
Jika orang tua sudah bisa akrab dengan anak layak seorang sahabat secara tidak langsung anda akan mengetahui kegiatan dan pergaulan anak anda sehari - hari.
Karena biasanya jika anak sudah dekat dengan orang tuanya jika anak tersebut ada masalah atau ada hal baru pasti akan di ceritakan kepada orang tuanya.
Nah disinilah kesempatan orang tua untuk mengarahkan anak untuk menjadi anak yang baik, karena jika anak anda sudah dirasa mau bersikap tidak benar berilah anak anda masukan - masukan yang positif secara lembut, ini bertujuan agar si anak tidak menolak sugesti atau masukan positif yang anda berikan.
Karena bagaimanapun juga anak yang masih remaja itu keingin tahuannya masih sangat besar, dan semakin dilarang akan semakin berniat mencoba.
Jadi beri anak anda masukan secara santai dan tanpa di marahi.
Jadi mulai sekarang dekatkanlah diri anda dengan anak anda agar secara tidak langsung anda mampu mengontrol tingkah laku anak anda.

4. Lingkungan 
Ini merepukan peran terbesar orang tua agar anak anda nantinya tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas, karena jika anak anda di tempatkan atau tinggal di lingkukang yang tidak baik maka kemungkinan anak anda menjadi tidak baik juga sangat besar, karena bagaimanapun selain keluarga yang mempengaruhi perkembangan anak adalah lingkungan.
Karena biasanya di lingkungan tempat tinggalnyalah si anak akan menemukan sesuatu yang baru, yaw kalau sesuatu yang bru nantinya akan berdampak baik, bagaimana jika berdampak buruk?
Jawabannya pasti sudah anda tau jika lingkungan tempat tinggal anak anda memberi pengaruh yang tidak baik pastinya anak anda juga akan menjadi tidak baik juga.
So tempatkan anak anda dilingkungan yang baik agar kedepannya bisa anak anda bisa menjadi orang yang baik, bagi yang muslim mungkin bisa menaruh anak anda di pesantren.

5. Membatasi Waktu Anak Keluar Rumah
Dengan membatasi waktu anak keluar rumah di harapkan kesempatan anak menemukan sesuatu hal yang baru itu semakin sedikit, karena seperti kata saya pada tips no 4 jika di lingkungan atau pergaulannya si anak lebih banyak mendapatkan sesuatu hal baru yang memberi pengaruh negatif maka anak anda akan menjadi tidak baik.
Jadi lebih baik membatasik waktu anak keluar rumah daripada mengambil resiko yang patal nantinya.

6. Dilarang Pacaran
Jika kamu yang masih belum cukup umur lebih jangan pacaran dulu, karena selain menggang pelajaran kamu, nantinya kamu bisa terjerumus ke hal yang tidak - tidak seperti sex bebas yang nantinya kalau sudah begitu kamu bisa kena virus HIV AIDS yang akan membuat umur kamu menjadi lebih singkat, karena sampai saat ini belum ada obatnya untuk penyakit ini.
Buat orang tua juga kalau bisa anaknya jika masih di bawah umur jangan di kasih pacaran dulu jika tidak ingin anak anda masuk kedalam sex bebas.
Karena bagaimanapun rasa ingin tahu dan mencoba anak remaja itu masih sangat besar sehingga jika sudah pacaran bukan tidak mungkin akan mencoba berhubungan badan dan jika sudah begini akan kecanduan dan terjerumus kedalam sex bebas.

7. Pengamanan Pemerintah
Saya sendiri tau kalau pemerintah juga sudah berjuang keras untuk mengurangi angka sex bebas dan pemakain obat - obatan terlarang, tapi kalau bisa tolong setiap bebrapa hari sekali dalam seminggu mengadakan razia obat - obatan terlarang ke sekolah - sekolah sehingga kedepannya bangsa ini bisa jauh dari yang namanya sex bebas dan obat - obatan terlarang. 

No comments: